Ada Apa Dengan Menguap?

Menguap juga masih merupakan misteri tubuh manusia, ada teori yang menjelaskan bahwa menguap adalah upaya tubuh untuk mendinginkan panasnya jaringan sel otak. Namun demikian teori tsb. masih terus menjadi bahan perdebatan.

Penelitian menunjukkan bahwa pada saat kita bernafas normal, kita tidak menggunakan paru-paru pada secara penuh. Kita menguap karena kandungan oksigen dalam paru-paru kita sudah berkurang. Di dalam paru-paru ada organ yang bernama alveoli, atau kantung udara. Alveoli ini berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam darah dan menyedot karbondioksida untuk kemudian dikeluarkan. Jika alveoli tidak mendapatkan udara segar, dia akan kempis dan paru-paru agak mengeras. Otak kemudian segera bereaksi untuk memerintahkan mulut menguap dan menarik udara (oksigen).

Jalan mekanismenya yaitu

rangsangan (kekurangan oksigen) – saraf sensorik akan membawanya ke otak-otak memproses agar mulut menguap – saraf motorik – mulut menganga lebar dan mengambil nafas.

Salah satu faktor yang juga ikut andil dalam proses menguap ini adalah terganggunya/tubuh kita mengalami kelelahan.

Mengapa dapat menular?

Karena di otak kita ternyata memiliki sirkuit yang menganalisis dan memerintahkan kita untuk mengikuti gerakan orang lain. Sirkuit ini dinamakan sistem neuron cermin atau mirror neuron system.

Di studi lain pada tahun 2007, diungkapkan bahwa proses penularan tersebut karena faktor empati. Hal ini juga didukung oleh penelitian lain yang dilakukan Steven Platek. Proses penularan ini sama halnya dengan melihat orang lain tertawa dan tidak hanya dapat dipicu dengan melihatnya saja, tetapi juga mendengarkan, membaca dan berpikir tentang menguap

referensi :

http://mywrotes.wordpress.com/2008/08/15/menguap/

http://www.tanyadok.com/kesehatan/mengapa-menguap-menular/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s